Saturday, April 8, 2017

Luar Biasa, Tomat Bisa Mengobati Kanker

Luar Biasa, Tomat Bisa Mengobati Kanker - Tomat adalah suatu hal yang banyak membuat orang menjadi bingung. Apakah termasuk ke dalam sayuran atau buah-buahan. Apapun itu yang pasti tomat tidak hanya cocok dijadikan sebagai bahan masakan saja, tetapi tomat juga memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Tahukah Anda? Beberapa studi yang termuat dalam Journal of the National Cancer Institute menguatkan pernyataan bahwa tomat mempunyai kandungan yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker.


Sebenarnya tomat dikenal dalam beberapa bentuk. Pertama, tomat buah yang berukuran besar. Tomat tersebut mudah didapat di pasar tradisional dengan bercirikan warna merah. Berikut adalah beberapa jenis tomat :
  1. Tomat buah – memiliki daging yang tebal dan biji yang mengandung banyak air
  2. Tomat sayur – yang kerap dipakai dalam masakan dan berukuran lebih kecil
  3. Tomat ceri – berukuran sebesar kelereng yang bisa digunakan sebagai bahan pelengkap pada salad.
Ketiga jenis tomat tersebut ternyata mempunyai kandungan yang sama yaitu Likopen. Namun, yang lebih baik dikonsumsi adalah tomat buah atau tomat merah. Karena, tomat buah ini mempunyai kandungan vitamin C dan vitamin A yang lebih tinggi daripada tomat sayur dan tomat ceri. Kadar kematangan buah tomat jenis ini juga dapat menentukan kandungan yang dimilikinya. Semakin matang buah tomat akan semakin tinggi kadar vitamin yang ada di dalamnya.

Buah tomat memeng sangat berbeda jika dibandingkan dengan beberapa jenis buah lainnya. Buah atau sayur pada umumnya lebih bermanfaat bila dikonsumsi mentah atau dalam keadaan segar. Tetapi, tidak dengan tomat. Keistimewaan yang ada dalam tomat dapat diamati saat dihancurkan atau dicampur dengan masakan. Beberapa penelitian juga menegaskan bahwa kandungan tomat saat diolah menjadi bahan lain seperti pasta tomat tidak mengubah kadar zat dan vitamin yang ada didalamnya.

Tomat dengan kandungan Lycopene yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Dimana kandungan tersebut bisa dikatakan lebih kuat jika dibandingkan dengan vitamin E dan A. Kandungan Lycopene merupakan senyawa pigmen makanan yang menghasikan warna merah atau kuning pada tomat. Bahkan menurut hasil beberapa riset kandungan ini mempu meringankan penyakit kanker secara alami.

Meskipun, tidak semua jenis kanker bisa diatasi dengan tomat. Namun, ada beberapa tipe kanker yang dapat diminimalkan dengan konsumsi tomat secara teratur diantaranya adalah kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker serviks dan kanker usus, serta tidak menutup kemungkinan dapat berguna mencegah jenis kanker lainnya. 

Itulah uraian tentang manfaat tomat dalam mencegah dan mengatasi kanker. Bagi anda yang tidak suka dengan tomat tentu akan sangat rugi. Untuk itu, mulailah mengkonsumsi tomat agar kesehatan tubuh menjadi lebih baik dan anda terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.

Post by : Sehat Itu Indah

No comments:

Post a Comment